Latest News

18 Objek Wisata Terpopuler di Kota Pariaman dan Sekitarnya 2018

Wisatasumbar.net - Kota Pariaman yang dikenal juga dengan sebutan kota "Tabuik" ini terletak di pesisir barat Provinsi Sumatera Barat. Berjarak sekitar 55 km dari pusat ibukota Padang, atau sekitar 25 kilometer dari Bandara Internasional Minangkabau (BIM). Berikut beberapa destinasi wisata yang terdapat di kota Pariaman. Perlu di ingat admin juga menggabungkan artikel objek wisata yang terdapat di Kabupaten Padang Pariaman didalam tulisan ini.


18 Objek Wisata Terpopuler di Kota Pariaman dan Sekitarnya 2018

18 Objek Wisata Terpopuler di Kota Pariaman dan Sekitarnya 2018

1. Pantai Gandoriah

foto.google
Pantai Gandoriah berjarak sekitar 100 meter dari pusat kota Pariaman. Uniknya di pantai ini terdapat stasiun Kereta Api yang menghubungkan kota Pariaman dan kota Padang. Seketika anda turun dari kereta api anda langsung di jamu oleh pantai Gandoriah ini.

2. Pulau Angso Duo

foto:sumbar.travel
Untuk mencapai pulau Angso Duo ini bisa dimulai dari pantai Gandoriah dengan menaiki perahu dengan biaya Rp 5000/ orang, dengan jarak tempuh sekitar 15 menit dan dilokasi juga tersedia wahana bahari.

3. Pantai Tiram

foto:google
Pantai Tiram ini terletak di Kecamatan Ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman. Berjarak sekitar 12 km dari Bandara Internasional Minangkabau, bagi anda yang memulai dari bandara bisa me-rental mobil atau dengan menyewa ojek.

4. Konservasi Penyu

foto:google
Lokasi penangkaran Penyu ini berada dekat Pulau Kasiak. Tepatnya berlokasi di  Jalan Syeh Abdul Arif, Kawasan Pantai Ampalu,Desa Manggung, Kecamatan Pariaman Utara, Kota Pariaman.

5. Pantai Cermin

foto:visitpariaman.com
Pantai Cermin yang terletak di Desa Karan Aur sekitar 1,5 km ke selatan Kota Pariaman. Untuk sampai ke Pantai Cermin, akses jalan sama sekali mudah, baik, dan terawat. Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat. Untuk kendaraan umum, Anda bisa menggunakkan angkutan kota (angkot), ojek, taksi, maupun bendi, yakni angkutan umum tradisional yang ditarik oleh kuda.

6. Pantai Kata

foto:visit.pariaman.com
Jarak dari pusat kota ± 3 km, terletak dipantai paling selatan Kota Pariaman, pantai ini membentang di Desa Taluk dan Kelurahan Karan Aur. ’Kata’ sendiri adalah kependekan dari nama dua desa yang berdekatan itu.

7. Pulau Kasiak

foto:google
Jarak pulau ini dari pinggir pantai terdekat lebih kurang 2 mil dengan waktu tempuh 20 menit menggunakan perahu motor. Pulau kasiak ini masih cukup alami yang didominasi oleh tumbuhan kelapa. Pulau ini selalu menjadi tempat perlindungan bagi masyarakat nelayan apabila terjadi badai.

8. Pulau Ujung

foto:visitpariaman.com
terletak 1,9 Mil dari Pantai Kata, dengan luas berkisar 3,25 Ha. Dapat dicapai dengan menggunakan kapal penumpang dalam waktu 20 menit. Karena begitu Indahnya terumbu karang dan biota laut lain yang ada disekitar pulau ini, menjadikan pulau ujuang menjadi salah satu tujuan wisata bagi mereka pencinta snorkeling dan diving untuk menyalurkan hobi.

9. Pulau Tangah

foto:visitpariaman.com
Pulau Tangah memilik luas 3 Ha dan berjarak 1,9 mil dari Pantai Gandoriah dengan waktu tempuh sekitar 20 menit dengan menggunakan mesin boat.

10. Air Terjun Nyarai


Air Terjun Nyarai adalah salah satu air terjun yang terletak di Kabupaten Padang Pariaman, Provinsi Sumatera Barat. Air Terjun setinggi 8 meter ini terletak di kawasan Hutan Gamaran Salibutan Lubuk Alung Cagar Alam Nasional Bukit Barisan.

11. Ikan Larangan

foto:armenzulkarnaen
Koto Aur Malintang, Kecamatan Koto Aur Malintang, Padang Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman.

12. Puncak Anai


Berjarak sekitar 60 km dari pusat kota Padang, berlokasi di Malibo Anai, kecamatan Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman. 

13. Lubuak Bonta


Lubuak Bonta terletak di Korong Tarok, Kenagarian Kapalo Hilalang, Kecamatan 2 X 11 Kayu Tanam. Untuk menuju lokasi ini kita masuk dari Sicincin menuju tempat penyulingan air mineral kemasan. Sekitar 15 menit menggunakan kendaraan mengikuti jalan di perkampungan yang sudah diaspal, lurus saja. Setelah bertemu jembatan, kita akan menemukan sebuah lokasi pemandian warga di sebelah kanannya. Airnya juga jernih, memanjang dan tidak terlalu dalam.

14. Pantai Ulakan

foto:google
Terletak di Kecamatan ulakan Tapakis, Kabupaten Padang Pariaman. di sekitar ini juga terdapat makam Syekh Burhanuddin.

15. Air Terjun Batu Basurek

foto:google
Untuk mencapai Air Terjun Batu Basurek tersebut, anda datang saja ke Kecamatan Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman. Anda harus menuju ke Korong Ladang Rimbo Nagari Sungai Sirah. Butuh waktu satu jam untuk mencapai lokasi Air Terjun tersebut. Jalan menuju ke lokasi pun relatif landai, tetapi masih banyak semak belukar. Selain itu, dari Ladang Rimbo juga sudah dibuka jalan usaha tani yang mempersingkat jarak ke Air Terjun Batu Bersurek.

16. Komplek Makam Syeikh Burhanuddin Ulakan

foto:baritominang
Lokasi dari areal Makam Syekh Burhanuddin ini, tidak sulit untuk di temukan. Anda bisa menemukan makam ulama besara Minangkabau ini di Kecamatan Ulakan Tapakis, Padang Pariaman, Sumatera Barat, Indonesia. Atau, kurang lebih sekitar 12 kilometer dari pusat kota Pariaman.

17. Bendungan dan Taman Anai

foto: sda.pu.go.id
Lubuk Alung, Padang Pariaman, Kabupaten Padang Pariaman. Disekitar bendungan juga telah di tata taman dan tempat untuk beristirahat.

18. Lubuak Batu Palimauan

foto:bangunpiaman.com
Lubuak Batu Palimauan yang terletak di Nagari Tandikek Utara Kecamatan Patamuan. Ini adalah tempat wisata pemandian yang cukup bersejarah, namun sayangnya selama ini kurang terjamah dan masih kurang mendapat perhatian dari Pemerintah. 

Demikianlah 18 destinasi objek wisata terbaru yang ada di Kota Pariaman dan Kabupaten Padang Pariaman. Semoga dengan artikel ini dapat menambah kalender schedule wisata anda. Silahkan share agar dapt diketahui masyarakat luas serta memperkenalkan potensi kekayaan wisata negeri kita. Terima Kasih.

0 Response to "18 Objek Wisata Terpopuler di Kota Pariaman dan Sekitarnya 2018"