Latest News

Inilah 10 Lokasi Wisata di Sawahlunto Terbaru dan Terjangkau

Wisatasumbar.net - Mendengar kata sawahlunto pandangan kita langsung tertuju dengan bangunan tuanya, kota yang dulunya dikenal sebagai penghasil batubara terbaik didunia ini banyak menyimpan sejarah dari peristiwa bangsa ini. Sawahlunto berjarak sekitar 90 km dari pusat ibukota Sumatera Barat yaitu kota Padang. Dikarenakan kota ini termasuk salah satu daerah yang disukai oleh penjajahan Belanda dulu tidak jarang dikota ini banyak ditemukan bangunan-bangunan tua peninggalan bangsa Belanda.

Inilah 10 Lokasi Wisata di Sawahlunto Terbaru dan Murah

Selain itu dikota Sawahlunto juga lumayan banyak terdapat lokasi wisata yang tergolong murah dan terjangkau oleh kantong. Berikut 10 lokasi wisata terbaru di kota Sawahlunto yang mudah dijangkau dan ringan dikantong.

1. Objek Wisata Danau Biru di Talawi

Inilah 10 Lokasi Wisata di Sawahlunto Terbaru dan Murah

Jarak yang ditempuh menuju danau biru sawahlunto ini sekitar 10 km dari pusat kota Sawahlunto. Objek wisata yang booming pada awal tahun 2016 ini menyajikan keindahan danau yang airnya berwarna biru muda cerah. Danau yang terbentuk dari bekas tambang batu bara yang dilakukan oleh PT swasta ini secara tidak sengaja mengubahnya menjadi tempat wisata baru di kota Sawahlunto. Namun sangat disayangkan akses jalan menuju lokasi yang cukup jelek dan sedikit berbahaya. Batu kerikil yang tajam-tajam bisa saja membuat roda kendaraan kembes atau bocor yang mana tempat tambal ban amat jauh dari lokasi. Seharusnya Pemkot Sawahlunto memperbaiki jalan menuju lokasi wisata danau biru ini. dan satu lagi apabila dikelola secara profesional akan bisa menambah pendapatan asli daerah ini, yang disayangkan sampai hari ini masih belum dikelola secara profesional.

2. Pesona Puncak Cemara

Inilah 10 Lokasi Wisata di Sawahlunto Terbaru dan Murah

Di objek Puncak Cemara ini kita dapat melihat panorama kota Sawahlunto dari ketinggian. Berjarak sekitar 10 menit dari pusat kota Sawahlunto, di lokasi ini selain bisa melihat panorama disediakan juga pondok kecil untuk duduk-duduk dan bermacam mainan untuk anak-anak. Selain itu tempat ini juga dilengkapi dengan tempat sholat dan kamar kecil. Dengan biaya parkir untuk roda dua sebesar 2000 dan untuk kendaraan roda 4 sekitar 5000 sangat cocok sekali lokasi wisata ini untuk keluarga anda.

3. Panorama Puncak Polan

Inilah 10 Lokasi Wisata di Sawahlunto Terbaru dan Murah

Selain dari puncak cemara kita juga bisa menikmati pemandangan kota Sawahlunto dari ketinggian dari puncak polan. Lokasinya hanya berseberangan dengan puncak cemara namun jalan kelokasi objek wisata puncak polan ini sangat ekstrim, jalan yang kecil dan berkelok-kelok. Didkat puncak polan ini terdapat satu bangunan yang merupakan home stay namun berapa tarifnya admin tidak mengetahuinya. Puncak Polan ini merupakan salah satu bukit yang melingkari kota Sawahlunto, dan karena itulah Sawahlunto disebut juga dengan nama kota Kuali, karena bentuknya seperti kuali.

4. Pemandian Water Boom Muaro Kalaban, Sawahlunto

Inilah 10 Lokasi Wisata di Sawahlunto Terbaru dan Murah

Berlokasi di tepi jalan lintas sumatera dan sangat mudah dijangkau, selain itu lokasi parkir yang juga lumayan luas. Water boom Sawahlunto ini juga merupakan water boom pertama yang ada di Sumatera Barat. Dengan biaya masuk sekitar 15.000 disini juga tersedia berbagai macam arena permainan untuk anak-anak dan penjaga water boom ini pun sangat sigap dan selalu memantau keadaan sekitar sehingga hal-hal yang tak terduga dapat terhindarkan.

5. Uniknya Kelok 16 Sawahlunto

Inilah 10 Lokasi Wisata di Sawahlunto Terbaru dan Terjangkau

Sebelum tempat ini mulai terkenal, bukit ini sebelumnya penuh dengan semak belukar, namun dengan hitz nya acara my trip my adventure dan berimbas terhadap kawula muda, masyarakat setempat dan di bantu oleh pemkot mulai membersihkan lokasi ini dan dijadikan lokasi wisata. Untuk menuju lokasi ini tepatnya sebelum pusat kota Sawahlunto, jalan masuknya melalui persimpangan didekat sekolah dasar dan tepat di jalan menurun.

6. GPK atau Gedung Pusat Kebudayaan

Inilah 10 Lokasi Wisata di Sawahlunto Terbaru dan Terjangkau

Gedung ini dibangun pada tahun 1910 dan bernama "Gluck Auf". Dahulunya digunakan sebagai gedung pertemuan dan jamuan atau pesta para pejabat kolonial belanda. Bangunan ini juga pernah menjadi Rumah Bola yang dipergunakan sebagai tempat bermain bola bowling, gedung societies tempat para pejabat kolinial mengadakan pertemuan, tempat berpesta para pejabat tambang dan none-none Belanda setelah bekerja. Sore hingga malam hari mereka menghibur diri, dengan menghabiskan waktu dan uang, minum-minum, berdansa-dansa di Rumah Bola. Hiburan, penunda hari-hari rindu ke sanak saudara di negeri Kincir Angin. Cocok bagi anda penikmat instagramable.

7. Museum Kereta Api Sawahlunto

Inilah 10 Lokasi Wisata di Sawahlunto Terbaru dan Terjangkau

Di museum ini kita dapat melihat beberapa hal atau benda yang menyangkut tentang perkereta apian di kota Sawahlunto dulunya. Karena di Sawahlunto merupakan penghasil batu bara untuk mengangkutnya bangsa Belanda menggunakan kereta api dan langsung dikirim ke teluk bayur (emmahaven). Ruangannya pun sangat bersih dan memanjakan pengunjung dilengkapi dengan Air Conditioner serta wifi id. Lokasi terletak di pusat kota Sawahlunto.

8. Taman Satwa Kandi di Talawi

Inilah 10 Lokasi Wisata di Sawahlunto Terbaru dan Terjangkau

Untuk menuju lokasi Taman Satwa Kandi ini berjarak sekitar 10 km dari pusat kota Sawahlunto atau searah dengan jalan menuju Danau Biru. Disini kita dapat melihat bermacam-macam satwa dan berbagai macam permainan untuk anak-anak. Namun lokasi wisata ini masih kurang begitu menarik perhatian pengunjung yang lebih banyak memilih untuk mengunjungi kebun binatang Kinantan di kota Bukittinggi. Areal parkir dilokasi wisata Taman Satwa Kandi ini cukup luas dan di dekat lokasi ini juga terdapat sirkuit permanen untuk kegiatan road race.

9. Terowongan atau Lubang Mbah Suro

Inilah 10 Lokasi Wisata di Sawahlunto Terbaru dan Terjangkau

Masih berlokasi di pusat kota Sawahlunto, terowongan atau yang lebih dikenal dengan sebutan Lubang Mbah Suro ini dulunya merupakan bekas penambangan batu bara. Dengan peanjang mencapai sekitar 1,5 kilometer dan kemiringan hampir 20 derajat. Dalam sejarahnya di lubang mbah suro ini dipekerjakan buruh-buru dari tanah jawa dahulunya oleh bangsa Belanda dan terkenal dengan istilah "orang rantai".

10. Museum Gudang Ransoem

Inilah 10 Lokasi Wisata di Sawahlunto Terbaru dan Terjangkau

Bangunan yang terdapat di lokasi museum gudang ransum ini cukup banyak juga, tempat ini dahulunya merupakan dapur atau tempat menyediakan makanan untuk para buruh atau pekerja tambang batu bara. Di museum Gudang Ransoem ini banyak terdapat peninggalan masa-masa kolonial penjajahan Belanda. Lokasi objek wisata museum gudang ransum ini juga masih terletak di pusat kota Sawahlunto atau berjarak sekitar 200 meter dari museum Kereta Api.

Demikianlah 10 objek wisata yang dapat kamu kunjungi di kota Sawahlunto, semoga artikel ini dapat membantu anda sebagai referensi untuk  berkunjung ke kota budaya warisan dunia ini. Terima kasih

0 Response to "Inilah 10 Lokasi Wisata di Sawahlunto Terbaru dan Terjangkau"