Latest News

Inilah 6 Lokasi Wisata Untuk Melihat Panorama Danau Singkarak Dari Ketinggian

wisatasumbar.net - Siapa yang tidak tahu dengan danau Singkarak, terletak di Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar. Dan juga danau Singkarak dipakai namanya sebagai event internasional balap sepeda dengan nama Tour De Singkarak (TDS). Danau ini terletak di sepanjang lintas Sumatera dan secara tidak sengaja setiap orang yang melalui danau ini telah berekreasi mata. Selain itu danau Singkarak juga dikenal sebagai penghasil ikan bilih di Indonesia dan ikan bilih ini hanya ada 2 di dunia, yang pertama di Singkarak dan yang kedua di brazil. Namun seiring banyaknya penikmat kuliner dan tingginya permintaan akan ikan bilih ini telah banyak dibudidayakan di daerah lain termasuk danau Maninjau dan danau Toba, namun yang jelas rasanya tetap yang terbaik ikan bilih yang ada di danau Singkarak. 

Inilah 6 Lokasi Wisata Untuk Melihat Panorama Danau Singkarak Dari Ketinggian

Kembali ke laptop, artikel kali ini admin akan memberikan informasi tentang tempat atau lokasi terbaik untuk menikmati pemandangan dari ketinggian. Sebenarnya mungkin banyak lokasi untuk melihat pemandangan danau Singkarak ini namun sekarang hanya 6 (enam) lokasi wisata yang pas untuk melihat danau Singkarak. Baiklah berikut ulasannya;

6 Lokasi Wisata Untuk Melihat Pemandangan Danau Singkarak Dari Ketinggian

1. Puncak Gobah
Terletak di nagari Aripan lokasi wisata puncak Gobah ini sangat mudah dijangkau dan dapat dilalui dengan kendaraan roda 4 (empat). Tempat parkir juga cukup lumayan luas dan murah, untuk sepeda motor cukup membayar dengan biaya Rp. 3000 dan kendaraan roda empat RP 5000. 
Inilah 6 Lokasi Wisata Untuk Melihat Panorama Danau Singkarak Dari Ketinggian
sumber foto : @ramadana_s
Di Puncak Gobah ini kita sangat dimanjakan dengan pemandangan danau singkarak dari sisi selatan. Tampak dari atas puncak ini nagari SIngkarak serta dermaga singkarak. Selain itu juga terdapat beberapa wahana permainan untuk orang dewasa dan anak-anak. Karcis untuk memasuki objek wisata puncak gobah ini tidak dipungut kita hanya membayar biaya parkir.

2. Bukik Cinangkiek (Chi Nang Kiek)
Lokasi objek wisata bukik cinangkiek ini tempatnya tidak terlalu jauh dengan objek wisata puncak gobah, jalur jalan untuk memasuki kawasan ini sama namun lebih dulu simpang ke bukik cinangkiek ini.

Inilah 6 Lokasi Wisata Untuk Melihat Panorama Danau Singkarak Dari Ketinggian

Di dalam kawasan objek wisata bukik cinangkiek ini juga terdapat permainan untuk anak-anak dan outbound serta permainan lain juga. Biaya memasuki objek wisata bukik cinangkiek ini hitungannya per orang, orang dewasa 5000 dan untuk anak-anak gratis alias perai :D

3. Puncak Payo Rapuih
Panorama Payo Rapuih ini termasuk kedalam wilayah administratif Kabupaten Tanah Datar. Pintu masuk kedalam lokasi ini di simpang masuk ke malalo atau dikenal dengan nama simpang sumpu.

Inilah 6 Lokasi Wisata Untuk Melihat Panorama Danau Singkarak Dari Ketinggian

Berjarak sekitar 10 km lebih sedit dari persimpangan sumpu menuju lokasi, jalan yang sedikit mendaki dan cukup untuk kendaraan roda empat ini membuat kita harus ekstra hati-hati berkendara selain jalanny juga berkelok-kelok. Biaya masuk sekitar Rp. 5000 per motor, disini kita dapat melihat panorama danau Singkarak disisi utara, namun kekurangannya adalah fasilitas yang kurang memadai dan beberapa fasilitas banyak di corat-coret dan tidak adanya kamar untuk buang air.

4. Sandiang Gagoan
Sandiang gagoan memang menawarkan pemandangan yang agak ekstrem, susunan batu cadas dibibir jurang membuat lokasi wisata ini sempat diserbu remaja. Dari sandiang gagoan ini kita juga dapat melihat panorama danau Singkarak dari sisi barat.

Inilah 6 Lokasi Wisata Untuk Melihat Panorama Danau Singkarak Dari Ketinggian

Akses menuju lokasi juga termasuk ekstrem dengan tanjakan sampai di lokasi, anda memang harus berhati-hati sekali ketika mengendarai kendaraan. Beberapa waktu yang lalu tersiar kabar sebuah sepeda motor terjun bebas kejurang karena disebabkan rem yang blong.

5. Puncak Aua Sarumpun
Aua Sarumpun tepatnya berada di Nagari Tigo Koto, Kecamatan Rambatan, Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat. Akses menuju lokasi terbilang cukup sulit apalagi ketika sesudah hujan turun, jalanan yang masih berupa tanah merah akan terasa licin namun masih bisa dilalui dengan kendaraan roda 2. Admin dan rekan-rekan pun beberapa kali terpeleset ketika menuju lokasi.

Inilah 6 Lokasi Wisata Untuk Melihat Panorama Danau Singkarak Dari Ketinggian

Akses menuju lokasi melewati simpang ombilin dan menjelang simpang masuk ke lokasi wisata berjarak sekitar 4 km dari simpang ombilin, ditambah dengan sekitar 4 km lagi menuju Puncak Aua Sarumpun. Tidak ada biaya apapun menuju lokasi puncak Aua Sarumpun ini

6. Panorama Angin Berhembus
Terletak di nagari aripan dan mungkin panorama ini memang sudah lama termasyhur dibandingkan dengan 5 lokasi diatas kecuali puncak payo rapuih. Kenapa dinamakan angin berhembus karena angin selalu bertiup disini membuat mata mengantuk...hehehe.

Inilah 6 Lokasi Wisata Untuk Melihat Panorama Danau Singkarak Dari Ketinggian

Untuk masuk ke area panorama angin berhembus ini tidak ada pungutan sama sekali kecuali di hari besar atau lebaran. Harga makanan serta snack pun termasuk normal disini dan sangat cocok untuk wisata santai bersama keluarga.

Demikianlah artikel tentang 6 Lokasi Wisata Untuk Melihat Panorama Danau Singkarak Dari Ketinggian dan murah meriah. Semoga dapat membantu dunsanak semuanya dalam mencari dan memilih destinasi wisata yang ada di Sumatera Barat.

0 Response to "Inilah 6 Lokasi Wisata Untuk Melihat Panorama Danau Singkarak Dari Ketinggian"