Latest News

Indahnya Hamparan Pantai dan Menawan di Pasia Tiku dan Muaro Mati

#MUARO MATI DAN PANTAI PASIA TIKU NAGARI TIKU, KECAMATAN TANJUNG MUTIARA, KABUPATEN AGAM#

WisataSumbar.Net - Kabupaten  Agam  bisa  dikatakan  sebuah  kabupaten  yang  memiliki sumberdaya  wisata alam  yang komplit,  mulai dari wisata pegunungan, perbukitan hingga wisata laut/wisata bahari. Salah satu wisata bahari, terletak di Kecamatan Tanjung Mutiara yang ber-ibu kecamatan di Nagari Tiku. Tak tanggung-tanggung semua objek wisata di pegang oleh Kabupaten Agam ini. Banggalah dunsanak yang mempunyai kampung dan lahir di kabupaten " Tali Tigo Sapilin " atau yang sering disebut Luhak Agam.

Indahnya Hamparan Pantai Yang Menawan di Pasia Tiku dan Muaro Mati
Pantai Pasia Tiku
Salah satu pesona wisata bahari di Nagari Tiku, tepatnya Nagari Tiku Selatan ini adalah Muaro Mati dan Pantai Pasia Tiku. Kedua lokasi ini terletak berdampingan. 

Indahnya Hamparan Pantai Yang Menawan di Pasia Tiku dan Muaro Mati
Muaro Mati
Muaro  Mati  atau  juga  biasa  disebut  Muaro  Putuih,  merupakan  sebuah  muara  yang tidak mengalir dari anak sungai, melainkan aliran dari arus ombak dan berkumpul membentuk danau kecil. Muaro Mati ini hanya muara yang terdiri dari rawa dan lumpur, akan tetapi terlihat indah karena dikelilingi oleh pohon kelapa. Lokasi ini jarang dikunjungi, akan tetapi bagi yang suka berfoto dengan alam, apalagi bagi fotografer/landscaper, lokasi ini sangat indah untuk diabadikan melalui lensa kamera.  

Indahnya Hamparan Pantai Yang Menawan di Pasia Tiku dan Muaro Mati
Aliran air laut dari Laut ke Muaro Mati atau sebaliknya
Pantai Pasia Tiku, Pantai ini terletak beberapa meter dari Muaro Mati.. Untuk mengakses ke lokasi, bisa masuk melalui jalan  menuju SMK Negeri 1 Tanjung Mutiara, yang terletak di Jalan Pasia Tiku Nagari Tiku Selatan (Jalan Raya Tiku-Pariaman), bisa diakses dengan kendaraan roda 2 dan roda 4. 

Di lokasi Pantai ini kita kan menemukan hamparan pantai dengan garis pantai yang luas, pasir yang putih, kemudian aliran air laut yang bolak-balik dari Muaro Mati ke Laut dan sebaliknya. 

Indahnya Hamparan Pantai Yang Menawan di Pasia Tiku dan Muaro Mati
Hamparan pantai pasia tiku
Di tepi pantai fasilitas yang didapat adalah kedai-kedai kecil milik warga setempat dengan dilengkapi kursi-kursi atau palanta  yang hanya memanfaatkan pohon-pohon pinus sebagai atap,  sehingga memberikan kesan udara yang sejuk dan hembusan angin laut. 

Indahnya Hamparan Pantai Yang Menawan di Pasia Tiku dan Muaro Mati
kumpulan burung pemakan kepiting dan ikan kecil
Terakhir berkunjung ke lokasi ini pada awal Mei 2016, lokasi Muaro Mati dan Pantai Pasia Tiku, tidak ada restribusi alias Cuma-Cuma. Kita hanya membayar jika memanfaatkan jajanan makanan dan minuman ringan di kedai-kedai milik warga setempat. 


Artikel & Foto : Ian Piliang

2 Responses to "Indahnya Hamparan Pantai dan Menawan di Pasia Tiku dan Muaro Mati"