Latest News

Track Pudiang Canopi Batusangkar (Mountain Bike)







Jalur  puncak kanopi bukan hanya  milik goweser Jawa Barat, di Batusangkarpun ada trek Mountain Bike (MTB) yang tidak kalah indah dari Puncak Kanopi yang terkenal itu, komunitas COMBAT MTB Batusangkar menamakan Trek ini Puncak Pudiang Canopi, nama ini diambil dari nama perbukitan dikawasan hutan pinus yang dikelola PT. Inhutani tersebut.

Subuh minggu ini Combat Batusangkar berkumpul di sekitar Lapangan cindua Mato Batusangkar, yang merupakan  base camp Combat. Setelah dilakukan pengecekan sepeda dan didahului doa bersama, para goweser mulai bergerak meninggalkan kota Batusangkar , untuk memasuki gerbang Puncak Pudiang Canopi di kawasan usaha Batu Ladang Laweh kecamatan Rambatan, goweser harus  menempuh jalur on road sekitar lima kilometer.

Memasuki batas perkampungan goweser menempuh jalur macadam, trek awal ini boleh dikata rute cross country karena tidak memiliki tanjakan maupun turunan yang berarti, jalan desa yang berjarak satu kilometer ini dihiasi bekas aspal yang mulai hancur dicampur cadas. Karena medannya landai, goweser berusaha meoptimalkan kecepatan, akibatnya dipertigaan menjelang naik ke puncak canopi sejumlah goweser terlihat kelelahan sehingga banyak goweser yang minta  berhenti dulu dan kesempatan ini dimanfaatkan untuk beristirahat sejenak menikmati teh panas maupun aneka kuliner kampuang yang disediakan sebuah warung dipertigaan tersebut, suasana warung yang berada ditengah hutan cukup membuat minuman dan makanan terasa lebih nikmat.

Menjelang sinar matahari membakar sela-sela bukit, goweser mengahiri istirahatnya dan mulai kembali mengayuh sepeda menuju Pudiang Canopi, yang merupakan perbukitan hutan pinus yang terletak di perbatasan kecamatan Rambatan dengan kecamatan Limakaum, hingga hari ini getah pohon pinus ini tetap dipanen PT. Inhutani , getah tersebut merupakan komoditi ekspor Indonesia, kabarnya  getah pinus Batusangkar ini memiliki kualitas cukup baik dan sangat diminati industri-industri di India. Jalur yang ditempuh goweser merupakan jalur lalu lintas pekerja getah pinus dari hutan produksi menuju lokasi pengumpul, sehingga kebersihannya tetap terjaga.

Memasuki gerbang canopi, goweser disambut tanjakan dengan kemiringan hampir 45 derjat sehingga menjelang puncak sejumlah goweser harus ambil tindakan TTB, kalau tidak ingin roda depan terangkat,  apalagi bagi sepedanya yang memiliki fork depan  travel 160 hingga 180 mm, tanjakan ini berjarak kurang lebih 800 meter. Habis menaklukkan tanjakan yang terbilang pendek ini, goweser dihadapkan pada turunan yang cukup panjang, turunan ini berada disela-sela pohon pinus, pada turunan ini disamping dituntut skill bersepeda, kedua rem harus dipastikan  dalam kondisi baik, karena sulit diprediksi tantangan yang ada dibalik tikungan-tikungan menurun tersebut, salah-salah sepeda bisa nyungsep  masuk jurang.

Menjelang ujung turunan, ban sepeda salah satu sepeda goweser kempes, meski telah diusahakan menempel namun karena bocornya dekat kepala pentil usaha ini jadi  sia-sia, jalan satu-satunya sebagai pengganti benan, ban sepeda tersebut diisi rerumputan kering, walaupun tidak sesuai dengan tekanan ban sesungguhnya, ban isi rumput ini tetap dihajar goweser, alasannya karena bonus turunan tersebut sayang untuk dilewati hanya dengan TTB, meskipun akibatnnya seusai gowes sepeda tadi harus setel velg.

Sepanjang menempuh trek Puncak Pudiang canopi, goweser sungguh dibuat takjub dengan pemandangan alam yang ada, dari puncak ini terlihat jelas gunung Merapi dan Singgalang diarah utara dan perbukitan Tanah Datar, Solok dan Sijunjung diarah selatan, bagi peserta yang membawa smartphone BlackBerry, momen ini digunakan untuk foto bareng dan foto-foto ini langsung di upload ke grup sepeda di BB, sehingga anggota team yang tidak ikut pada hari ini benar-benar dibuat penasaran dan sangat ingin menjajal trek di waktu yang akan datang.

Trek yang dapat ditempuh dalam waktu minimal tiga jam ini berakhir di belakang kantor eks PU Bukit Gombak, dilokasi ini pula goweser menikmati makan siang sambil diiringi deburan air Batang Selo yang membelah Kabupaten Tanah Datar. (Elfiardi Combat)



sumber : http://www.padangmtbike.com/trek-puncak-pudiang-canopi-batusangkar/

0 Response to " Track Pudiang Canopi Batusangkar (Mountain Bike)"