Latest News

Pemandian Air Panas Sungai Janiah di Kabupaten Solok


Sebagai daerah yang memiliki banyak gunung. Tak heran kalau Provinsi Sumatera Barat juga memiliki banyak tempat-tempat pemandian air panas. Sepanjang yang saya ketahui dan yang pernah saya kunjungi, daerah-daerah yang memiliki pemandian air panas adalah di tepi Danau Maninjau, di Batu Sangkar, di Solok Selatan, serta di Kabupaten Solok. Kabupaten Solok memiliki dua tempat pemandian air panas yaitu PEMANDIAN AIR PANAS BUKIK KILI  dan PEMANDIAN AIR PANAS SUNGAI JANIAH.

Salah satu tempat pemandian air panas yang cukup berkesan bagi saya adalah pemandian air panas sungai janiah di desa aia angek Kabupaten Solok. pemandian ini memiliki dua kolam mandi. Satu dimiliki masyarakat, dan yang satu lagi di kelola oleh pribadi. Pemandian yang dikelola oleh masyarakat menyerupai tempat – tempat pemandian di desa pada umumnya, yaitu pakai pancuran. Selain pancuran, pemandian ini juga sudah di kolamkan. Sedangkan pemandian yang kedua berbentuk kolam renang. Selain itu juga ada tempat mandinya yang dipisah antara laki-laki dan perempuan.

Di pemandian yang memiliki kolam renang, agar tidak terlalu panas, maka airn kolamnya dicampur dengan air dingin. Sehingga kulit tidak terlalu terkejut ketika masuk kolam ini. Untuk yang lebih panasnya oleh pemilik kolam renang disediakan pancuran di tepi kolam.

Untuk mencapai daerah ini, dari Kota Padang sebelum masuk daerah Kota Solok, di desa yang bernama Aro Talang ada Simpang Tiga.  masuk ke simpang tersebut sebelah kanan dan berjalan dengan mobil sejauh sekitar 10 km.  Setibanya di desa aia angek, kita bisa lihat dua tempat pemandian umum.

Masyarakat disana mandi pada malam hari dan pagi hari sebelum subuh. Sebab pada siang hari air akan terasa sangat panas. Sementara kalau malam hari udara yang dingin akan mengurangi rasa panas yang ditimbulkan oleh uap air.

1 Response to "Pemandian Air Panas Sungai Janiah di Kabupaten Solok"

  1. Salam Admin..

    Informasi nya sangat bermanfaat, dan saya mengetahui artikel ini karena tamu saya meneukan artikel ini dan request untuk pergi ke tempat ini.. Saya RIKI APRIUS Pemiliki Rental Mobil di Kota Padang CV.Ghaisan Auto Rental, jadi barangkali ada pengunjung artikel ini yang mau berkunjung ke Kota Solok ini untuk menikmati objek wisata yang ada di KOTA Solok, Silahkan saja hubungi SEWA MOBIL DI KOTA SOLOK.

    Terimakasih Admin.. Semoga Pariwisata SUmatera Barat Semakin Dikenal Semua Orang dan Terjaga Kelestariannya..

    Salam, RIKI APRIUS

    ReplyDelete